KAMUS GEOLOGI

Halo bertemu lagi dengan saya 😀 Setelah membuat beberapa postingan pada blog ini saya rasa perlu menambahkan postingan tentang kamus Geologi karena banyak istilah asing yang saya sendiri sebenarnya baru mengetahuinya beberapa hari yang lalu dan mungkin akan banyak kata-kata asing berikutnya yang akan muncul. Tidak usah terlalu lama, LETS CHECK THIS OUT !!!!

 

Bedrock : Batuan yang padat serta keras yang berada selalu di tempat serta relatif tidak mengalami perubahan. Semakin di atas berangsur-angsur terdapatlah di atas bedrock tersebut suatu lapisan (zona) dimana batuan telah menjadi hancur dan berdesintregasi menjadi tanah liat, limpur, dan pasir yang disebut overburden. Paling atas terdapatlah top soil (pucuk tanah). Bedrock berada beberapa puluh meter di bawah soil/sub soil tetapi kadang-kadang langsung terlihat di permukaan, misalnya lereng curam.

Breksi(Breccia) : Sejenis batuan sedimen yang hampir sama dengan konglomerat. Perbedaannya ialah bahwa bagian bagian dari breksi itu bukan berbentuk bulat melainkan tajam tajam, angular fragments. Umumnya breksi terdiri dari pecahan pecahan yang sudah disemen jadi satu. Dengan demikian breksi adalah salah satu jenis rudaceous rock.

 

BERSAMBUNG…

Leave a comment